Selasa, 28 Februari 2012

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY BARANG BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PHP & MY SQL

ABSTRAK
Sistem Informasi Gudang (Inventory) adalah suatu sistem software yang akan membantu proses inventarisasi dengan menerapkan tertib administrasi inventory yang ketat Pencatatan dari barang masuk, penyimpanan, sampai dengan barang keluar.  Dilengkapi dengan sistem pelaporan yang sistematis dan akurat. Sistem Informasi Gudang ini dibuat dengan sistem multi user yang memungkinkan pengaksesan sistem informasi oleh beberapa user yang berbeda dalam suatu waktu.

LATAR BELAKANG
Sistem Informasi Akuntasi terkomputerisasi saat ini sudah sangat di butuh kan oleh banyak bidang usaha guna membantu kelancaran bidang usaha itu sendiri,tidak hanya membantu untuk otomatisasi proses systemnya,tetapi juga akan membantu pembuatan laporan secara berkala dengan keakuratan tinggi.Dengan Aplikasi ini setiap usaha penjualan dapat mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen dan dapat memonitoring data barang yang masih tersedia.

RUANGLINGKUP
Ruang lingkup aplikasi ini hanya melayani penjualan dengan system order bukan retail,jadi setiap customer harus terdaftar dalam system jika ingin melakukan traksaksi, begitu juga system pembelian barang dengan supplier barang.

BASIS DATA
Untuk kerangka basis data dalam pembuatan sistem informasi inventory ini menggunakan MySQL sebagai DBMS nya,karena MySql lebih ringan dan pling cocok dengan aplikasi web-based dengan kriteria menengah kebawah.

SPESIFIKASI HARDWARE
Pada aplikasi ini memungkinkan penjualan lebih dari satu cabang karena menggunakan system client server, sehingga pengguna aplikasi ini akan lebih mudah mengambangkan usaha dagang nya. Untuk menggunakan aplikasi ini hanya memerlukan Hardware dengan spesifikasi normal, yaitu PC dengan minimal prossesor Pentium 4 dengan RAM minimal 256MB.Aplikasi ini berjalan berbasis WEB jadi PC tentunya harus terinstall browser untuk menjalankannya.

SOFTWARE
Ini adalah halaman awal home screen dimana terdapat navigation modul yang mempermudah user untuk mengoperasikannya.Modul modul yang terdapat dalam aplikasi ini terdiri dari 3 kategori yaitu : Master,Transaksi,Report, dan View.

PROSEDUR PEMAKAIAN APLIKASI
Prosedur penggunaan aplikasi ini telah di tentukan dalam awal pembuatan system, yaitu data master barang harus sudah di masukkan dalam database, baik oleh admin maupun operator.Untuk form penambahan data barang/produk dapat di lihat di gambar pada berikut :
input produk

Untuk tahap selanjutanya customer harus terdaftar dahulu sebelum melakukan order barang, untuk pendaftaran  dapat di isikan admin maupun operator dengan lay out form seperti berikut :

 
Untuk supplier juga harus malalui tahap seperti customer.Dalam system ini juga menggunakan data pegawai yang dalam hal ini bertindak sebagai operator.Untuk menambah pegawai menggunakan form seperti berikut :

Untuk proses transaksi ada 2 tahap yaitu order dan konfirmasi, untuk tahap order seperti gambar seperti di bawah ini :
 



Setelah melakukan order barang data akan di proses oleh operator dengan konfirmasi pemesanan, untuk form konfirmasi seperti berikut :
Dalam aplikasi ini juga menyiapakan laporan data stok barang yang keluar maupun masuk gudang,sehingga mempermudah pemilik untuk selalu memantau stok barang.Contok laporan


PERSONIL
Dalam pengoperasian aplikasi ini tidak luput dari brainware yang mengoperasikannya. Dalam menjalankan tugas user memiliki tugas-tugas yaitu:
1.Administrasi yang memiliki tugas: Merekap Laporan persediaan, laporan penjualan, laporan barang, laporan pembelian.
2.Keuangan memiliki tugas: membuat jurnal umum, buku besar umum,Laporan laba-rugi, laporan keuangan neraca, mencetak semua laporan keuangan.
3.Manager memiliki tugas untuk melakukan otorisasi serta memutuskan pembagian tingkat hak akses kepada karyawan dibawahnya.
4.Database Administrator memiliki tugas: untuk merawat, memonitor sekaligus bertanggung jawab terhadap server dan database di dalamnya posisi ini memastikan data dalam database tetap aman serta memberikan hak akses user sesuai dengan jabatan masing-masing user dan sesuai perintah manager dan kebijakan perusahaan.
5.Pegawai memeiliki tugas menjalan kan aplikasi

7 komentar:

  1. Mas, untuk aplikasinya ini gratis apa beli??
    Mohon bantuannya, saya mau buat referensi TugasAkhir.
    Tolong konfirmasi di 08990330070
    Terimakasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Ini saya butuh program inventory diatas itu. Cara mendapatkannya gimana mas?

      Hapus
    2. Kalo bisa tolong cantumkan link downloadnya juga mas.. Atau kirim ke email saya di kopputih@gmail.com.
      Terimakasih..

      Hapus
  3. Mas, gimana?
    Saya bisa hubungi Anda yang paling mudah dimana?
    Saya benar2 butuh bantuan Anda mas..
    Terimakasih atas pengertian dan bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungi no saya mas 085731647682 ,, ini pin saya 2619EA4B

      Hapus
  4. saya dapat tugas ini .. tapi saya belum ngerti bagaimana proses penyelesaiannya ..
    trimakasih .

    BalasHapus

pembaca yang baik selalu menginggalkan jejak